Kata “komputer”
pertama kali di perdengarkan kepada public pada tahun 1613, hal ini mengacu
pada perhitungan aritmatika dan kata “komputer” digunakan dalam pengertian itu
sampai pertengahan abad ke-20. Dari akhir abad ke-19 dan
seterusnya.Berkembanganya komputer akhirnya makna komputer menjadi sebuah mesin
yang melakukan komputasi.
Sejarah komputer modern dimulai dengan dua teknologi yang
terpisah- perhitungan otomatis dan dapat di program-tapi tidak ada satu
perangkat pun yang dapat dikatakan sebagai komputer, karena sebagian penerapan
yang tidak konsisten istilah tersebut. Contoh-contoh awal perangkat penghitung
mekanis termasuk sempoa (yang berasal dari sekitar 150-100 SM). Seorang pahlawan dari Alexandria (sekitar
10-70 AD) membangun sebuah teater mekanis yang diadakan bermain berlangsung 10
menit dan dioperasikan oleh sebuah sistem yang kompleks dengan tali dan drum
yang dipakai sebagai sarana untuk memutuskan bagian dari mekanisme.
Berawal dari kata komputasi, yang memiliki pengertian suatu
cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu
algoritma, contohnya adalah dengan melakukan suatu perhitungan. Jika pada zaman
dahulu orang melakukan perhitungan dengan alat yang masih sederhana, maka pada
zaman sekarang (modern) manusia dapat melakukan perhitungan atau komputasi yang
cepat dengan menggunakan komputer, pada kemunculan awal komputer ini sendiri
dimanfaatkan untuk melakukan perhitungan aritmatika, seiring dengan
bertambahnya waktu atau zaman yang diikuti pula dengan perkembangan di bidang
teknologi komputasi, kini komputer dapat dimanfaatkan bukan untuk melakukan
perhitungan saja namun juga untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah
ilmu atau sains. Komputer dapat juga digunakan untuk mengolah data dan
pemrosesan informasi dengan kecepatan yang tinggi apabila dilihat dari sudut
pandang ilmu komputer.
Dalam ilmu komputasi memiliki satu cabang ilmu yang bernama
komputasi sains. Secara umum komputasi sains mempelajari aspek-aspek komputasi
untuk aplikasi atau memecahkan masalah di bidang sains lain, seperti fisika,
kimia, biologi dan geologi. Dalam sejarah komputasi modern tidak dapat terlepas
dari peranan John von Neumann, beliau adalah ilmuwan yang meletakkan
dasar-dasar komputer modern serta salah satu ahli matematika terbesar, beliau
juga yang pertam kali mencetuskan konsep sebuah sistem yang menerima
instruksi-instruksi dan menyimpannya dalam sebuah memori sehingga menjadi dasar
arsitektur komputer hingga saat ini.
Kepiawaian Von Neumann terletak pada bidang teori game yang
melahirkan konsep seluler automata, teknologi bom atom, dan komputasi modern
yang melahirkan komputer. Kegeniusannya dalam matematika telah terlihat
semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka)
di dalam kepalanya.
Keinginan Von Neumann untuk mempelajari matematika
dilakukannya pada musim panas setelah studinya di Berlin dan sebelum masuk ETH
Zurich. Dia menjadi mahasiswa program doktor pada Universitas Budapest. Tesis
doktornya bertemakan aksiomasisai teori himpunan (set theory) yang dikembangkan
George Cantor. Pada masa itu, set theory merupakan salah satu topik ‘menantang’
di dunia matematika.
Akhirnya pada tahun 1926, dia lulus dengan dua gelar yaitu
gelar S1 pada bidang teknik kimia dari ETH dan gelar doktor (Ph.D) pada bidang
matematika dari Universitas Budapest.
Von Neumann menjadi seorang konsultan pada pengembangan
komputer ENIAC, dia merancang konsep arsitektur komputer yang masih dipakai
hingga saat ini. Arsitektur yang dirancang oleh Von Nuemann adalah seperangkat
komputer dengan program yang tersimpan (program dan data disimpan pada memori)
dengan pengendali pusat, input-output, dan memori. Di bawah ini merupakan
contoh komputasi modern sampai dengan lahirnya ENIAC
Konrad Zuse’s electromechanical “Z mesin”. Z3 (1941) sebuah
mesin pertama menampilkan biner aritmatika, termasuk aritmatika floating point
dan ukuran programmability. Pada tahun 1998, Z3 operasional pertama di dunia
komputer itu di anggap sebagai Turing lengkap.
Berikutnya Non-programmable Atanasoff-Berry Computer yang di temukan pada tahun 1941 alat ini
menggunakan tabung hampa berdasarkan perhitungan, angka biner, dan regeneratif
memori kapasitor. Penggunaan memori regeneratif diperbolehkan untuk menjadi
jauh lebih seragam (berukuran meja besar atau meja kerja).
Selanjutnya komputer Colossus ditemukan pada tahun 1943,
berkemampuan untuk membatasi kemampuan program pada alat ini menunjukkan bahwa
perangkat menggunakan ribuan tabung dapat digunakan lebih baik dan elektronik
reprogrammable. Komputer ini digunakan untuk memecahkan kode perang Jerman.
The Harvard Mark I ditemukan pada 1944, mempunyai skala
besar, merupakan komputer elektromekanis dengan programmability terbatas.
Lalu lahirlah US Army’s Ballistic Research Laboratory ENIAC
ditemukan pada tahun 1946, komputer ini digunakan unutk menghitung desimal
aritmatika dan biasanya disebut sebagai tujuan umum pertama komputer
elektronik (ENIAC merupaka generasi yang
sudah sangat berkembang di zamannya sejak komputer pertama Konrad Zuse ’s Z3
yang ditemukan pada tahun 1941).
Pada tahun 1980-an merupakan awal kemajuan teknologi di
bidang komputer untuk penggunaan pribadi, kemudian ditambah dengan kemajuan
yang pesat dalam evolusi internet hingga saat ini yang memungkinkan sang
pengguna komputer untuk mengeksplorasi dan mempelajari bidang-bidang ilmu
komputasi lebih jauh dan mendalam seperti komputasi sains, diantaranya fisika,
kimia, biologi, dan geologi.
Sejarah Komputasi Modern
Secara historis, komputer panitera manusia yang dihitung
sesuai dengan metode yang efektif. Komputer ini manusia melakukan berbagai
perhitungan saat ini dilakukan oleh komputer elektronik, dan ribuan dari mereka
yang bekerja dalam perdagangan, pemerintahan, dan lembaga penelitian. Istilah
mesin komputasi , digunakan semakin dari tahun 1920, mengacu pada setiap mesin
yang melakukan pekerjaan komputer manusia, yaitu, setiap mesin yang menghitung
sesuai dengan metode yang efektif. Selama akhir 1940-an dan awal 1950-an,
dengan munculnya mesin komputasi elektronik, mesin ‘kalimat’ komputasi secara
bertahap memberi jalan hanya untuk ‘komputer’, awalnya biasanya dengan
elektronik ‘awalan’ atau ‘digital’.
Definisi Komputasi Modern
Komputasi adalah algoritma yang digunakan untuk menemukan
suatu cara untuk memecahkan masalah dari sebuah data input. Komputasi ini
merupakan bagian dari ilmu matematika dan ilmu komputer. Secara umum ilmu
komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model
matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk
menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Dalam penggunaan
praktis, biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk
komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang
keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan
prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu. Bidang ini berbeda dengan ilmu
komputer (computer science), yang mengkaji komputasi, komputer dan pemrosesan
informasi. Bidang ini juga berbeda dengan teori dan percobaan sebagai bentuk
tradisional dari ilmu dan kerja keilmuan. Dalam ilmu alam, pendekatan ilmu
komputasi dapat memberikan berbagai pemahaman baru, melalui penerapan
model-model matematika dalam program komputer berdasarkan landasan teori yang
telah berkembang, untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata dalam ilmu
tersebut.
Komputasi modern bisa dibilang adalah sebuah konsep sistem
yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory, memory
disini bisa juga dari memory komputer. Oleh karena pada saat ini kita melakukan
komputasi menggunakan komputer maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah
komputasi modern. Konsep ini pertama kali digagasi oleh John Von Neumann
(1903-1957). Dalam kerjanya komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari
masalah yang ada, dan perhitungan yang dilakukan itu meliputi:
- Akurasi (bit, Floating poin)
- Kecepatan (Dalam satuan Hz)
- Problem volume besar (Down sizing atau paralel)
- Modeling (NN dan GA)
- Kompleksitas (Menggunakan teori Big O).
Karakteristik Komputasi Modern
Karakteristik komputasi modern ada 3 macam, yaitu :
- Komputer-komputer penyedia sumber daya bersifat heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis perangkat keras, sistem operasi, serta aplikasi yang terpasang.
- Komputer-komputer terhubung ke jarinagn yang luas dengan kapasitas bandwidth yang beragam.
- Komputer maupun jaringan tidak terdedikasi, bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.
Jenis-jenis Komputasi Modern
Jenis-jenis komputasi modern terbagi tiga macam, yaitu
komputasi mobile (bergerak), komputasi grid, dan komputasi cloud (awan).
Penjelasan lebih lanjut dari jenis-jenis komputasi modern sebagai berikut :
1. Mobile computing
Mobile computing atau komputasi bergerak memiliki beberapa
penjelasan, salah satunya komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi
komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel
dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi
nirkabel.
Dan berdasarkan penjelasan tersebut, untuk kemajuan teknologi
ke arah yang lebih dinamis membutuhkan perubahan dari sisi manusia maupun alat.
Dan dapat dilihat contoh dari perangkat komputasi bergerak seperti GPS, juga
tipe dari komputasi bergerak seperti smart phone, dan lain sebagainya.
2. Grid computing
Komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh
geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan
masalah komputasi skala besar.
Ada beberapa daftar yang dapat dugunakan untuk mengenali
sistem komputasi grid, adalah :
Sistem untuk koordinat sumber daya komputasi tidak dibawah
kendali pusat.
Sistem menggunakan standard dan protocol yang terbuka.
Sistem mencoba mencapai kualitas pelayanan yang canggih, yang
lebih baik diatas kualitas komponen individu pelayanan komputasi grid.
3. Cloud computing
Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis
dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.
Komputasi cloud menggambarkan pelengkap baru, konsumsi dan
layanan IT berbasis model dalam internet, dan biasanya melibatkan ketentuan
dari keterukuran dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan
layanan melalui internet.
Adapun perbedaan antara komputasi mobile, komputasi grid dan
komputasi cloud, dapat dilihat penjelasannya dibawah ini :
Komputasi mobile menggunakan teknologi komputer yang bekerja
seperti handphone, sedangkan komputasi grid dan cloud menggunakan komputer.
Biaya untuk tenaga komputasi mobile lebih mahal dibandingkan
dengan komputasi grid dan cloud.
Komputasi mobile tidak membutuhkan tempat dan mudah dibawa
kemana-mana, sedangkan grid dan cloud membutuhkan tempat yang khusus.
Untuk komputasi mobile proses tergantung si pengguna, komputasi
grid proses tergantung pengguna mendapatkan server atau tidak, dan komputasi
cloud prosesnya membutuhkan jaringan internet sebagai penghubungnya.
Dan ada juga persamaan antara komputasi mobile, komputasi
grid, dan komputasi cloud, penjelasanya sebagai berikut :
Ketiganya merupakan metode untuk melakukan komputasi,
pemecahan masalah, dan pencarian solusi.
Ketiganya memerlukan alat proses data yang modern seperti
komputer, laptop atau telepon genggam untuk menjalankannya.
Dampak Adanya Komputasi Modern
Dampak dari adanya komputasi modern adalah dapat membantu
manusia untuk menyelesaikan masalah-masalah yang kompleks dengan menggunakan
komputer. Salah satu contohnya adalah biometric. Biometric berasal dari kata
Bio dan Metric. Kata bio diambil dari bahasa yunani kuno yang berarti Hidup
sedangkan Metric juga berasal dari bahasa yunani kuno yang berarti ukuran, jadi
jika disimpulkan biometric berarti pengukuran hidup.
Tapi secara garis besar biometric merupakan pengukuran dari
statistic analisa data biologi yang mengacu pada teknologi untuk menganalisa
karakteristik suatu tubuh (individu). Dari penjelasan tersebut sudah jelas
bahwa Biometric menggambarkan pendeteksian dan pengklasifikasian dari atribut
fisik. Terdapat banyak teknik biometric yang berbeda, diantaranya :
Pembacaan sidik jari / telapak tangan
Geometri tangan
Pembacaan retina / iris
Pengenalan suara
Dinamika tanda tangan.
Dan menurut Don Tapscott (1995) dalam bukunya yang berjudul
“The Digital Economy : Promise and Peril In The Age of Networked Intelligence”
menggambarkan bagaimana dampak teknologi komputasi pada kehidupan manusia.
Aplikasi teknologi kurang sempurna tanpa dukungan mesin pintar yang
berkemampuan analitik. Kehadiran teknologi komputasi yang semakin canggih telah
merubah gaya hidup manusia dan tuntutan pada kompetensi manusia. Kini kehidupan
manusia semakin tergantung pada komputer. Berikut ini hal-hal yang
menggambarkan konsep kepintaran komputasi yang didukung dengan aplikasi
teknologi.
- Produk yang digerakkan sistem komputer
a. Smart car
(mobil pintar)
b. Smart card
(kartu pintar)
c. Smart house
(rumah pintar)
d. Smart road
(jalan pintar)
2. Perancangan
produk dikelola oleh komputer
3. Proses kerja
yang digerakkan oleh komputer
4. Komputer
menjadi sarana komunikasi yang efektif
5. Komputer
sebagai pusat informasi
Di samping berdampak struktural pada peri kehidupan manusia,
teknologi juga membangkitkan proses kultural dalam masyarakat yang diterpanya.
Inilah gejala yang oleh N. Postman disebut technopoly, yang olehnya digambarkan
sebagai berikut :
“Technopoly is a state of culture. It is also a state of
mind. It consist in the deification of technology, which means that the culture
seeks it’s satisfactions in technology, and takes it’s orders from technology”
Maka, yang menjadi masalah ialah sejauh mana suatu masyarakat
siap memasuki zaman yang ditandai oleh supremasi teknologi sebagai daya
pembangkit budaya baru tanpa merapuhkan ketahanan budayanya sendiri. Dengan
demikian, maka tidak keliru pula untuk menyatakan bahwa dominasi teknologi akan
berlanjut dengan berseminya budaya baru yang melahirkan berbagai nilai baru
pula yang cenderung menjadi acuan perilaku manusia modern dalam berbagai pola
interaksi dengan sesamanya.
0 komentar:
Posting Komentar