Pages

Minggu, 27 April 2014

Kedisiplinan Dalam Belajar

Kedisiplinan adalah salah satu faktor penting dalam pembelajaran. Mahasiswa yang kurang berprestasi bukan hanya di sebabkan oleh faktor kemampuan. Namun bisa juga di akibatakan karena tidak adanya kedisiplinan. Disiplin adalah suatu sikap dan perilaku dalam mematuhi segala aturan dalam bertingkah laku. Jika dikaitkan dengan belajar maka disiplin belajar adalah suatu sikap dan perilaku individu dalam mematuhi norma dan etika dalam belajar.
Selain memilki kemampuan dan kecakapan seorang mahasiswa bisa di katakan memilki komitmen jika ia selalu bersemangat dalam menjalankan kewajibannya sebagai mahasiwa. Seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa belajar adalah suatu proses. Sebuah proses belajar yang baik akan mengahasilkan output yang baik, jika mahasiswa selalu menankan kedisilinan untuk belajar di kampus dengan baik maka apa yang menjadi tujuan belajarnya akna mudah terwujud. Sudah menjadi kebiasaaan manusia suka melanggar aturan, tapi tidak bagi kita yang berakal sehat, yang mampu melihat efek yang akan ditimbulkan dari apa yang telah di lakukan. Jadi kedisiplinan begitu penting, maka sedini mungkin mahasiswa harus membiasakan diri untuk disiplin, meskipun awalnya itu akan sangat berat.
Cara sederhana mengenai pengelompokan waktu, menurut Slameto adalah dengan menggunakan dasar harian, yang terdiri dari 24 jam dengan perinciannya sebagai berikut :
  1. Tidur                                         : ± 8 jam
  2. Makan, mandi, olah raga             : ± 3 jam
  3. Urusan pribadi dan lain-lain         : ± 2 jam
  4. Sisanya untuk belajar                  : ± 11 jam.
  5.  

Cara untuk membuat jadwal yang baik adalah sebagai berikut :
  1. Memperhitungkan waktu setiap hari untuk keperlua-keperluan tidur, belajar, makan, mandi, olah raga dan lain-lain.
  2. Menyelidiki dan menentukan waktu-waktu yang tersedia setiap hari.
  3. Merencanakan peggunaan belajar itu dengan cara menetapkan jenis-jenis mata pelajaran dan urutan-urutan yang harus dipelajari.
  4. Menyelidiki waktu-waktu mana yang dapat dipergunakan untuk belajar dengan hasil terbaik.
  5. Berhematlah dengan waktu, setiap siwa janganlah ragu untuk memulai pekerjaan, termasuk juga belajar.

0 komentar:

Posting Komentar