Menu – Menu dan Tutorial 3dmax
1. Menu, berisi berbagai macam perintah dan fasilitas untuk
memodifikasi model atau animasi yang kita buat. Prinsipnya hampir sama dengan
menu-menu yang ada pada software pada umumnya.
2. Tool Reactor, berisi tool-tool yang dapat digunakan untuk memasukan
objek menjadi koleksi reactor. Atau dengan cara lain juga kita dapat
lakukan dengan menekan Create > Helpers > reactor
3. Command Panel, berisi perintah-
perintah atau parameter-parameter yang berkaitan dengan objek yang kita buat.
Misalnya untuk menentukan banyaknya segmen yang ada dalam suatu objek, density,
massa, efek gravitasi, dan banyak lagi yang lainnya. Dalam buku panduan ini,
untuk memodifikasi atau menampilkan Command Panel yang berada di bawah
biasa disebut rollout. Jadi nanti kita tidak lagi bingung dengan istilah
rollout.
4. Viewport, merupakan area atau layar tempat kita mengerjakan
animasi. Terdapat enam sudut pandang dalam animasi tiga dimensi, yaitu atas,
bawah, kiri, kanan, depan dan belakang. Berdasarkan sudut pandang tersebut,
dalam 3ds max terdapat 8 sudut pandang viewport, yaitu top, bottom, left,
right, front, back, perspectift dan user. Viewport yang aktif ditunjukkan
dengan warna kuning di pinggir viewport tersebut. Berikut adalah gambar
tampilan viewport dalam 3ds max.
5. Main toolbar, dalam 3ds max terdapat tool yang dapat digunakan untuk
berbagai keperluan dalam memanipulasi objek yang kita buat. Terdapat beberapa
main toolbar standar seperti tampak pada gambar di bawah ini :
a. Undo berfungsi sebagai history pallete atau untukl kembali ke
perintah sebelumnya.
b. Redo merupakan kebalikan dari undo
c. Select and link berfungsi untuk
menghubungkan satu objek dengan objek yang lain sehingga ada sutu ikatan antara
objek tersebut.
d. Unlink selection merupakan kebalikan
dari link yaitu untuk memutuskan ikatan atau hubungan tersebut.
e. Bind to space warp merupakan fasilitas
yang digunakan untuk menghubungkan suatu objek dengan efek tertentu, misalnya
kita akan menghubungkan objek pale dengan efek air (Water).
f. Selection filter merupakan fasilitas
yang dapat digunakan untuk menyaring objek apa yang akan dipilih.
g. Select object digukanan untuk
memilih atau menyeleksi objek.
h. Select by name digunakan untuk
memilih objek berdasarkan nama object tersebut.
i. Select and move digunakan untuk
memilih dan memindahkan posisi objek.
j. Select and rotate digunakan untuk
memilih dan memutarkan objek yang kita pilih tersebut.
k. Select and scale digunakan untuk
memilih dan mengubah ukuran objek
l. Use center flyout digunakan untuk
menentukan coordinate system yang akan mempengaruhi proses transformasi.
m. Mirror digunakan untuk menggandakan atau mencerminkan objek
n. Layer manager digunakan untuk
mengatur layer
o. Curve editor digunakan untuk mengatur kurva dari objek yang kita buat
p. Material editor merupakan fasilitas
untuk memberi material atau teksture pada objek yang kita buat
q. Render scene dialog digunkan untuk
merender animasi atau model pada scene terpilih.
Langkah pertama dalam pembuatan meja melalui 3dmax ialah
kita harus masuk terlebih dahulu ke dalam aplikasi 3dmax.
Setelah kita masuk ke dalam aplikasi 3dmax kita pilih
standard primitives dan kita klik button box seperti berikut :
Setelah kita klik tanda box , kita buat box sesuai dengan
ukuran yang kita inginkan dan jangan lupa mengubah Length Segs , Width Segs ,
Height Segs menjadi 3 seperti berikut :
Setelah jadi , kita klik kanan pada gambar yang telah
kita buat lalu kita pilih Convert to Editable Poly , seperti berikut :
Lalu kita pilih vertex , lalu pindah pada tampilan/window
Top (sedikit penjelasan di dalam 3dmax terdapat 4 window yaitu Top , Front ,
Left , Perspective) , seperti berikut :
Yang diberikan tanda warna ungu merupakan vertex. Lalu ,
kita pilih Select and Move yang seperti arah kompas :
Setelah kita pilih , kita geser garis tersebut agar
terbentuk sudut-sudut untuk kaki meja :
Selanjutnya kita putar layar bagian perspective dengan
Arc Rotate :
Setelah diputar , kita pilih polygon dan tekan Extrude.
Selanjutnya kita klik (sekaligus menahan tombol ctrl pada keyboard) sudut-sudut
kaki meja tadi yang telah kita atur pada tampilan top, dan tarik ke bawah ,
setelah kita tarik ke bawah maka jadilah meja :
Setelah jadi kita bisa memberikan warna yang telah ada
ataupun menggunakan material yang telah ada pada aplikasi 3dmax sesuai dengan
keinginan kita.
Tampilan hasil meja yang telah kita buat dan diberikan
warna dengan material :
0 komentar:
Posting Komentar