Pages

Selasa, 13 November 2012

Menu – Menu dan Tutorial 3dmax


Menu – Menu dan Tutorial 3dmax 


1.   Menu, berisi berbagai macam perintah dan fasilitas untuk memodifikasi model atau animasi yang kita buat. Prinsipnya hampir sama dengan menu-menu yang ada pada software pada umumnya.
2.   Tool Reactor,  berisi tool-tool yang dapat digunakan untuk memasukan objek menjadi koleksi reactor.  Atau dengan cara lain juga kita dapat lakukan dengan menekan Create > Helpers > reactor
3.   Command Panel, berisi perintah- perintah atau parameter-parameter yang berkaitan dengan objek yang kita buat. Misalnya untuk menentukan banyaknya segmen yang ada dalam suatu objek, density, massa, efek gravitasi, dan banyak lagi yang lainnya. Dalam buku panduan ini, untuk memodifikasi atau menampilkan Command Panel yang berada di bawah  biasa disebut rollout. Jadi nanti kita tidak lagi bingung dengan istilah rollout.
4.   Viewport, merupakan  area atau layar tempat kita mengerjakan animasi. Terdapat enam sudut pandang dalam animasi tiga dimensi, yaitu atas, bawah, kiri, kanan, depan dan belakang. Berdasarkan sudut pandang tersebut, dalam 3ds max terdapat 8 sudut pandang viewport, yaitu top, bottom, left, right, front, back, perspectift dan user.  Viewport yang aktif ditunjukkan dengan warna kuning di pinggir viewport tersebut. Berikut adalah gambar tampilan viewport dalam 3ds max.
5.   Main toolbar, dalam 3ds max terdapat tool yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan dalam memanipulasi objek yang kita buat. Terdapat beberapa main toolbar standar seperti tampak pada gambar di bawah ini :


a.   Undo berfungsi sebagai history pallete atau untukl kembali ke perintah sebelumnya.
b.   Redo merupakan kebalikan dari undo
c.   Select and link berfungsi untuk menghubungkan satu objek dengan objek yang lain sehingga ada sutu ikatan antara objek tersebut.
d.   Unlink selection merupakan kebalikan dari link yaitu untuk memutuskan ikatan atau hubungan tersebut.
e.   Bind to space warp merupakan fasilitas yang digunakan untuk menghubungkan suatu objek dengan efek tertentu, misalnya kita akan menghubungkan objek pale dengan efek air (Water).
f.   Selection filter merupakan fasilitas yang dapat digunakan untuk menyaring objek apa yang akan dipilih.
g.   Select object digukanan untuk memilih atau menyeleksi objek.
h.   Select by name digunakan untuk memilih objek berdasarkan nama object tersebut.
i.    Select and move digunakan untuk memilih dan memindahkan posisi objek.
j.    Select and rotate digunakan untuk memilih dan memutarkan objek yang kita pilih tersebut.
k.   Select and scale digunakan untuk memilih dan mengubah ukuran objek
l.    Use center flyout digunakan untuk menentukan coordinate system yang akan mempengaruhi proses transformasi.
m.  Mirror digunakan untuk menggandakan atau mencerminkan objek
n.   Layer manager digunakan untuk mengatur layer
o.   Curve editor digunakan untuk mengatur kurva dari objek yang kita buat
p.   Material editor merupakan fasilitas untuk memberi material atau teksture pada objek yang kita buat
q.   Render scene dialog digunkan untuk merender animasi atau model pada scene terpilih.

Langkah pertama dalam pembuatan meja melalui 3dmax ialah kita harus masuk terlebih dahulu ke dalam aplikasi 3dmax.
Setelah kita masuk ke dalam aplikasi 3dmax kita pilih standard primitives dan kita klik button box seperti berikut :


Setelah kita klik tanda box , kita buat box sesuai dengan ukuran yang kita inginkan dan jangan lupa mengubah Length Segs , Width Segs , Height Segs menjadi 3 seperti berikut :


Setelah jadi , kita klik kanan pada gambar yang telah kita buat lalu kita pilih Convert to Editable Poly , seperti berikut :


Lalu kita pilih vertex , lalu pindah pada tampilan/window Top (sedikit penjelasan di dalam 3dmax terdapat 4 window yaitu Top , Front , Left , Perspective) , seperti berikut :


Yang diberikan tanda warna ungu merupakan vertex. Lalu , kita pilih Select and Move yang seperti arah kompas :


Setelah kita pilih , kita geser garis tersebut agar terbentuk sudut-sudut untuk kaki meja :


Selanjutnya kita putar layar bagian perspective dengan Arc Rotate :


Setelah diputar , kita pilih polygon dan tekan Extrude. Selanjutnya kita klik (sekaligus menahan tombol ctrl pada keyboard) sudut-sudut kaki meja tadi yang telah kita atur pada tampilan top, dan tarik ke bawah , setelah kita tarik ke bawah maka jadilah meja :



Setelah jadi kita bisa memberikan warna yang telah ada ataupun menggunakan material yang telah ada pada aplikasi 3dmax sesuai dengan keinginan kita.

Tampilan hasil meja yang telah kita buat dan diberikan warna dengan material :












0 komentar:

Posting Komentar